Morne Park House

Empat Angin Surga

Pertama kali saya mengunjungi Morne Park, sekitar 15 tahun yang lalu, Julie Ann Anley mengajak saya mengikuti tur whistlestop. "Itu bagus!" dia tertawa. "Tidak ada yang mengganggu kami di sini karena rumah itu tidak penting secara arsitektur." Ini bukan objek wisata seperti Belvoir Castle. Rumah negara sebagai kapsul waktu mungkin telah menjadi klise, diciptakan pada tahun delapanpuluhan ketika Calke Abbey datang ke perhatian publik, tetapi itu pasti diterapkan pada MPH.

Terakhir kali saya mengunjungi rumah itu, pada bulan April 2003, itu dipenuhi dengan para anggota masyarakat yang mengungkit-ungkit isi yang akan segera tersebar. Kesempurnaan periode mulai terurai. Label pelelangan kecil putih tergantung dari semuanya termasuk wastafel dapur. Sebuah tenda bergaris-garis menghiasi halaman dan bangunan itu sendiri tampak lebih buruk untuk dipakai.

Lelang itu adalah hasil dari perseteruan keluarga yang panjang dan sengit yang meletus setelah kematian Nicholas Anley pada tahun 1992 yang diseret melalui pengadilan hingga awal 2003. Pada tanggal 14 Februari, tanpa banyak kasih sayang berbakti atau saudara, itu akhirnya diselesaikan.

"Ini adalah sesuatu yang sangat diperhatikan oleh keluarga kami," Marion Scarlett Russell, putri Julie Ann yang lebih muda mengatakan kepada koresponden urusan pedesaan Irlandia Utara Martin Cassidy pada 1994.

"Kami selalu tahu bahwa rumah ini dan tanahnya tidak bisa dinegosiasikan dan itu adalah sesuatu yang harus kami lakukan," kata kakak perempuannya, Debonaire Norah Needham Horsman atau 'Bonnie'.

Tetapi keselarasan pemikiran ini tiba-tiba berakhir setelah perselisihan tentang bagaimana pengelolaan lahan harus dikelola. Kejadian mencapai klimaks yang dramatis ketika Marion menyingkirkan apa yang dianggapnya sebagai bagian yang adil dari isi dari rumah itu dalam waktu tengah malam. Penolakannya untuk mengungkap keberadaan 'barang-barang' ini ketika pengadilan bersikeras memanggil mereka secara kuno, mengakibatkan dia menghabiskan seminggu di rumah Her Majesty.

Lima tahun perselisihan hukum yang memakan biaya ratusan ribu poundsterling hanya berakhir ketika akhirnya disepakati bahwa Marion dapat mempertahankan bagiannya dan dua saudara lainnya akan melelang dua pertiga dari isinya.

MPH adalah tempat duduk Earls of Kilmorey (diucapkan "Kilmurray" – apa itu tentang kelas atas dan kegembiraan mereka dalam salah tafsir tata letak apakah Calke sebagai "Ayam"; Belvoir sebagai "Berang-berang"; atau Blakley sebagai "Blakely"?).

Keluarga dapat melacak akarnya kembali ke tentara Elizabethan, Nicholas Bagnel, pendiri Newry. Earl of Kilmorey ke-4 meninggal pada tahun 1962. Tepat sebelum kematiannya warisan keluarga ditata ulang karena ia tidak memiliki anak laki-laki, memungkinkan keponakan dan pewarisnya, Mayor Patrick Needham, kemudian Earl ke-5 dari Kilmorey, untuk melepaskan haknya atas penggantian MPH sebagai imbalannya. untuk aset dengan nilai yang sama. Dan begitu judulnya kembali ke Inggris di mana Charles I telah menciptakan viscountcy asli pada tahun 1625.

Kompromi ini memungkinkan janda Earl ke-4, Lady Norah, dan dua putrinya untuk terus tinggal di rumah. Anak Patrick, Earl ke-6, lebih dikenal sebagai Richard Needham, mantan Menteri Ekonomi Konservatif Irlandia Utara. Dia sekarang adalah wakil ketua perusahaan pembersih vakum dan menolak menggunakan gelarnya Anglo Irish. Namun putranya gaya sendiri Viscount Newry dan Morne.

Nicholas, putra putri sulung Earl ke-4, menikahi Julie Ann pada awal tahun enam puluhan dan pindah ke kandang kuda yang diubah di Morne Park. Dia mewarisi rumah tanpa gelar pada tahun 1984.

Julie Ann mungkin dengan sederhana menggambarkan rumah itu sebagai arsitektur yang tidak penting dan tidak ada persaingan untuk baronik benteng Ballyedmond Castle atau keparahan Simetris dari Seaforde House. Tetapi itu adalah contoh langka dari rumah pedesaan yang sangat bergaya Edwardian di suatu daerah di mana Victorian atau Georgia adalah norma.

MPH merembes pesona dengan elevasi rendah panjang yang dipahat dari granit lokal dan penggunaan cat hijau yang mewah pada bingkai jendela dan serambi, bargeboard dan furnitur taman, dan melimpahnya pintu Prancis. Sebagian besar dekorasi interior berasal dari awal abad ke-20 yang meminjamkan rumah ke udara nostalgia Edwardian.

Dan pengaturannya tidak ada duanya. Menjulang di belakang rumah adalah lereng terjal Gunung Knockcree yang menjulang setinggi 130 m di atas ek dan hutan beech yang membentuk perkebunan.

Seorang pengunjung Victoria, W E Russell, lilin liris di Morne Park, yang diarsipkan oleh Dr Anthony Malcomson. 'Adegan … dari pintu depan memang sangat baik. Sebelum Anda, di daerah sekitar rumah, adalah danau. Di seberang danau ini, demesne membentang jauh dengan lereng yang landai, yang menyembunyikan tanah intervensi, sampai seseorang dapat membayangkan bahwa ombak laut menyapu rumput taman. '

Asal-usul rumah tanggal dari 1818 ketika Viscount Kilmorey 12 (1748-1832) bekerja Thadeus Gallier (kemudian berliku-liku ke Thomas Gallagher) dari County Louth untuk membangun blok pusat. Kemungkinan besar akan menggantikan rumah sebelumnya di situs.

Gallagher, seorang arsitek atau 'pembangun perjalanan', telah membangun Anaverna di Ravensdale satu dekade sebelumnya. Baron McClelland menugaskan lima teluk dua rumah bertingkat di dekat Dundalk pada tahun 1807. Sekarang ini rumah dari Lenox-Conynghams. Terlalu mewah untuk glebe, terlalu sederhana untuk sebuah rumah mewah, rumah ukuran menengah, tinggi, ringan dan tampan ini, berdiri bangga dalam latar sapunya yang menghadap ke padang rumput. Senter besar di atas pintu masuk di tengah-tengah tiga teluk breakfront sebagian dikaburkan oleh teras kaca, tetapi sebaliknya desain Gallagher tidak tersentuh. Lengkungan melingkar setengah lingkaran di atas jendela atas memperkenalkan motif dia untuk kemudian dipekerjakan di MPH. Di Anaverna dia membuktikan dirinya sebagai perancang yang sangat canggih.

Putra Gallagher, James, yang tercatat dalam otobiografinya bahwa ayahnya bekerja di MPH selama sembilan bulan pada 1818, beremigrasi ke New Orleans di mana ia meneruskan tradisi dinasti merancang bangunan-bangunan bagus. Cucu laki-lakinya, James Gallier Junior, adalah arsitek generasi ketiga dan townhousenya di New Orleans 1857 sekarang adalah Gallier House Museum.

Yang pertama dari enam inkarnasi MPH, desain Gallagher adalah rumah dua rumah Georgia dua lantai dengan jendela Wyatt di kedua sisi pintu yang mirip dengan Anaverna dengan lampu sorot di atasnya. Selanjutnya, lantai ketiga ditambahkan dan kemudian beberapa waktu setelah 1859, sebuah bagian depan dua lantai yang sama dengan ketinggian yang sama diletakan di depan rumah yang ada, sehingga kamar-kamar di blok baru memiliki langit-langit yang jauh lebih tinggi daripada di bagian yang lebih tua. .

Façade pengganti adalah tiga teluk lebar seperti depan asli tetapi di tempat jendela Wyatt adalah fenestrasi bipartit diatur di ceruk dangkal naik melalui kedua lantai dengan menghilangkan lengkungan di atasnya. Ini adalah kombinasi dari jendela yang dipasangkan dan lengkungan lembut, seperti alis di atas mata bangunan, yang memberikan tampilan depan yang berbeda.

Di pusat breakdown yang dangkal dimulai di atas pintu masuk yang diperlakukan sebagai jendela lain, diapit di kedua sisi oleh jendela dengan bentuk dan ukuran yang sama. Sebuah tembok pembatas rendah di atas sebuah hiasan tipis sebagian menutupi atap berpinggul yang membungkus lentera atap dari Aula Tangga.

Perbaikan kontemporer dilakukan untuk properti itu sendiri. Pada tahun 1840-an Earl ke-2 (1787-1880) – Kilmoreys telah naik tangga di tangga aristokrat ketika ayahnya, Viscount ke-12, dijadikan earl untuk jasanya bagi pengembangan Newry – menugaskan 'dinding kelaparan' . Itu adalah metode yang digunakan pada puncak kelaparan kentang Irlandia oleh banyak keluarga Big House untuk menciptakan pekerjaan untuk menjaga penduduk setempat dari kelaparan. Dinding granit yang dibangun dengan murah juga menguntungkan perkebunan. Kimmitt Dean mencatat bahwa Earl ke-2 membangun Tullyframe Gate Lodge, gerbang ketiga dari empat gerbang, pada saat ini. Whitewater Gate Lodge dibangun pada tahun 1830-an dan Ballymaglogh Gate Lodge pada tahun 1850-an.

Tapi itu adalah perubahan dari Earls ke-3 dan ke-4 yang memberi MPH rasa Edwardian-nya. "Tidak cocok untuk pria yang tinggal di sini!" seru Earl ke-3 (1842-1915) atas warisannya. Nya gentrifikasi perbaikan dimulai pada 1892 ketika ia menambahkan jendela teluk lantai persegi panjang ke depan dan berlanjut sampai 1904 ketika ia membangun sayap bertingkat tunggal tegak lurus ke belakang rumah. Sayap ini berisi Ruang Duduk Lady Kilmorey dan Ruang Panjang, yang terakhir selesai tepat pada waktunya untuk perayaan ulang tahun ke-21 putranya.

Antara 1919 dan 1921 anak itu, sekarang Earl ke-4 (1883-1961) membangun perluasan beratap datar yang luas ke sisi jalan rumah dan memindahkan pintu masuk ke elevasi ini. Pintu ganda yang dibingkai oleh sepasang pilar persegi jongkok membentuk pintu masuk baru, seimbang di kedua sisi oleh dua jendela Ruang Biliar dan Studi Lord Kilmorey. The Earl ke-3 melengkapi bangunan estate dengan Green Gate Lodge, rumah dua lantai yang selesai dalam granit yang sama dengan MPH.

Satu abad setiap generasi membuat tanda mereka di MPH telah menghasilkan bangunan memukau yang penuh dengan perubahan mengejutkan dalam level lantai dan ketinggian langit-langit. Blok utama disusun seperti tiga irisan paralel kue persegi, masing-masing berbeda pada intinya. Potongan tiga lantai tertua di bagian belakang rumah memiliki langit-langit rendah dan jendela kecil, beberapa mempertahankan panel Georgia mereka. Bagian tengah atas yang menyala berisi Koridor Panjang yang berjalan sejajar dengan Aula, Aula Tangga dan Aula Batin. Akhirnya potongan terbaru berisi ruang resepsi: Ruang Biliar (sebelumnya Ruang Gambar Besar), Ruang Makan, Ruang Ante, Ruang Gambar Biru dan di atasnya, kamar tidur utama dengan jendela kaca piring mereka.

Bagian belakang rumah menghadap halaman tertutup oleh Ruang Panjang di satu sisi, sayap pembibitan dua lantai rendah di sisi lain dan deretan wajib bangunan tambahan sejajar dengan rumah.

Semua kamar di lantai dasar dan pertama terbuka selama akhir pekan pratinjau lelang. Saya memulai tur yang telah saya jalani satu dekade sebelumnya, hanya dengan panduan tertulis dan bukan pribadi dan tanpa pasukan dari 13 kucing Persia yang telah mengikuti kami di sekitar putaran pertama kali.

"Ayo, keluar dari ruangan ini!" Julie Ann berteriak kepada kucing-kucing itu ketika dia menutup pintu setiap kamar. "Kalau tidak, kamu bisa dikunci selama satu atau dua tahun!" Saya berkomentar kepadanya, "Setidaknya Anda tidak akan memiliki tikus." Dia menjawab, "Mereka hanya menonton perlombaan tikus."

Sekarang orang-orang berbicara dalam bisikan sunyi seakan-akan pada saat bangun, diam-diam membolak-balik masalah The Connoisseur di Estate Office dan dengan saksama memandangi cetakan karikatur di Rosie Passage.

The Hall, yang ditata seperti galeri panjang dengan lukisan-lukisan yang tergantung pada dinding-dinding berpanel putih, adalah yang pertama dalam serangkaian prosesi ruang yang memuncak di Aula Tangga, momen arsitektur paling menarik yang MPH tawarkan. Tangga itu diperpanjang antara 1919 dan 1921 untuk membentang ke arah pintu masuk baru, sementara tangga asli tangga melalui gerbang melengkung ke Aula Batin dipertahankan. Di atas, lebih banyak lengkungan dan bukaan memberi pemandangan sekilas koridor kamar tidur yang dipenuhi bayangan bayangan hantu.

Dekat dengan pintu masuk yang baru, Studi Lord Kilmorey memiliki suasana formalitas kontras dengan keintiman Ruang Santai Lady Kilmorey yang tersimpan di belakang rumah. Sebuah rak buku kayu ek panjang 7m, digunakan sebagai lemari pajangan sementara untuk pratinjau (dijual seharga £ 3.000) dan sofa chesterfield (dijual seharga £ 800) melengkapi suasana hati dari kamar Tuan yang baik. Di sisi lain, kewanitaan Ruang Santai Lady Kilmorey dibesar-besarkan oleh lapisan ganda melengkung halus (dijual seharga £ 1.000) dan kabinet Chinoserie abad ke-17 pada tegakan giltwood berukir (dijual seharga £ 11.000) serupa dengan yang ada di Menggambar Negara Kamar 11 Downing Street. Staf lelang HOK membuat catatan menit terakhir di atas tumpukan buku di tengah lantai. Rumah itu tidak lagi terasa pribadi.

Tiga ruang resepsi utama pada dasarnya adalah Edwardian. Sofa Chintz dan potret keluarga dicampur dengan nyaman dengan potongan-potongan periode. 'Shabby chic', klise Eighties yang lain, adalah deskripsi yang tepat. Dekade dekadensi telah turun ke dalam peluruhan, di mana setelah Pangeran Wales (kemudian Raja Edward VII) telah menghindar hari-hari yang tenang.

Di Ruang Biliar, chimneypiece kayu dan batu bata dari luar pusat dengan tegas menyatakan ruangan ini berasal dari tahun 1920-an. Cat sudah terkelupas, gorden runtuh.

Udara kemegahan memudar merasuki Ruang Panjang. Bendera-bendera kemenangan sekarang compang-camping dan lampu-lampu dinding yang diwarnai oleh berlalunya waktu yang mengisyaratkan kejayaan masa lalu dan pesta-pesta lama terlupakan. Serangkaian rak buku dari kayu ek dipasok oleh John McArevey dari Newry agar muat di antara deretan jendela yang memanjang dari Ruang Panjang. Satu pasang dijual seharga £ 3.000.

Dapur telah kehilangan tempat tinggalnya dalam tampilan yang kuingat. Itu lebih rapi sekarang dengan deretan cetakan jelly tembaga dan panci timah diatur seperti museum di sepanjang meja rias dicat. Tinggi di dinding di atas, jam telah berhenti.

Kamar-kamar tidur utama dengan nama-nama mereka yang lugas – Kamar Tidur Avenue, Kamar Tidur Sudut, Kamar Caroline, Kamar Tidur Terbaik, Kamar Tuan dan Kamar Tidur Tuan Putri-nya — memiliki perabot yang kokoh. Sebuah lemari pakaian yang terbuat dari kayu mahoni dan pencocokan setengah penguji atau empat tempat tidur poster mendominasi setiap kamar, disertai dengan meja dan lemari panci yang cocok. Rata-rata lemari dijual seharga £ 3.000; tempat tidur seharga £ 5,000.

Kamar-kamarnya tampak agak jarang. Mungkin mereka lebih kenyang pada masa-masa bahagia. Kamar-kamar kecil dan kamar pembantu memiliki tempat tidur kuningan (yang ada di Ruang Pembantu Rumah Tangga dijual seharga £ 70), langit-langit lebih rendah, pemandangan kurang dramatis, dan penuh dengan kekacauan. Tidak lebih lama lagi.

"Orang-orang mengatakan seolah-olah waktu berhenti di rumah," kata Philip Anley pada hari pembukaan lelang. "Itu penghormatan untuk ibu," tambahnya, mengakui upaya Julie Ann untuk mempertahankan MPH.

Penjualan telah terjadi di Morne Park sebelumnya. Sesaat sebelum kematiannya, Nicholas telah menjual lebih dari setengah lahan seluas 800 hektar ke Morne Park Golf Club yang diperpanjang dari sembilan lubang ke lapangan 18 lubang. Satu dekade sebelum dia membeli bunga dari bibinya, Lady Hyacinth, yang berarti keluarganya menghapus berbagai pusaka sebagai pengganti saham di rumah itu sendiri. Pewarisan judul dan real sudah terpecah pada tahun 1960. Namun penjualan ini berbeda. Ini menggembar-gemborkan "akhir zaman" menurut Philip.

Pengantar Herbert Jackson Stops pada katalog penjualan tahun 1920-an tentang Stowe muncul dalam pikiran. 'Ini dengan perasaan sangat menyesal bahwa pelelang membuat garis pembuka katalog penjualan yang dapat menghancurkan selamanya kemegahan rumah, dan membubarkan empat angin surga koleksi yang indah, hanya menyisakan kenangan masa lalu yang luas '. Tingkat kejujuran yang langka dibandingkan dengan alasan baru-baru ini menjual perak keluarga dari 'keinginan untuk berbagi barang dengan orang lain' untuk 'menyederhanakan koleksi'.

Sara Kenny dari HOK Fine Art melakukan lelang, meningkatkan total £ 1.3 juta. Harga tinggi dengan penawaran dealer terhadap kolektor terhadap penduduk setempat. "Ayah saya bekerja di perkebunan itu jadi saya ingin semacam kenang-kenangan," saya mendengar seorang penawar berkata. Tampaknya semua orang menginginkan bagian dari sejarah MPH mereka.

Keseruan lelang mencapai puncaknya pada hari terakhir ketika lot 1391 dijual. Itu adalah Red Book of Shavington, di County of Salop, kursi The Right Honble [sic] Lord Viscount Kilmorey '. Bagi mereka yang tidak tahu, Buku Merah adalah penciptaan Humphrey Repton (1752-1818), pelopor dalam bidang arsitektur lansekap. Dia menciptakan atau mengubah lebih dari 200 bangunan Inggris. Mantranya adalah keindahan alam yang ditingkatkan oleh seni. Praktiknya adalah menyelesaikan Buku Merah untuk setiap klien.

Buku Merah Shaving adalah buku tipis yang dibungkus dengan kulit merah berisi proposal untuk 'perbaikan' yang digariskan dalam tulisan tangan tembaga dan diilustrasikan dengan peta, rencana, gambar dan cat air. Beberapa penawar menghargai pentingnya sejarah dan keindahan yang luar biasa. Pada akhirnya itu jatuh di bawah palu untuk £ 41.000.

Earl ke-3 dari Kilmorey telah menjual Shavington, kursi keluarga di Shropshire, pada tahun 1881 untuk membayar hutang-hutang yang telah ditanggung ayahnya. Dia menjejalkan banyak perabotan ke MPH. Barang-barang Shavington yang dilelang mencakup dua bagian awal abad ke-19 oleh Gillows of Lancaster yang keduanya dijual seharga £ 11.000: lemari Sudut Kamar Tidur dan meja arsitek dari Perpustakaan.

Perkebunan Morne Park mungkin tidak diuntungkan dari sentuhan romantis Humphrey Repton tetapi karakter kasarnya, yang berasal dari wajah granit Knockcree, tetap tidak berubah dari foto-foto lanskap abad ke-19 yang telah memudar. Hal yang sama tidak bisa dikatakan untuk interior rumah wajah granit.

"Aku akan selalu mengingat hari ketika kau mengunjungi Morne Park," kata Julie Ann. Berjalan menaiki drive lama, dia melanjutkan, "Saat hari ketika gudang perahu itu runtuh."

Dan benar saja, rumah perahu beroda, yang telah berdiri di sana selama berabad-abad, tidak begitu banyak runtuh karena dengan lembut menyelinap ke danau seperti seorang bibi gadis yang berenang di air. Setelah beberapa riak, itu menghilang. Selama-lamanya.

Lima belas tahun kemudian, mahakarya dan miscellany, rekaman Edwardian yang hidup dalam setting aslinya, sekarang hilang, sama seperti gudang perahu. Ini adalah akhir yang menyedihkan untuk koleksi yang membentuk jiwa dari salah satu Rumah Besar Ulster. Sedih bagi keluarga dan bagi orang-orang Newry dan Morne yang bekerja keras memungkinkan keluarga untuk mengumpulkan kekayaan barang antik.

Di tengah-tengah estat 320 hektar masih berdiri rumah itu sendiri, tanpa isi, telanjang sebagai patung klasik yang pernah menghiasi rumput di sekitar danau, menunggu nasibnya.

Sejak artikel ini diterbitkan, Marion Scarlett Russell menempatkan MPH di pasar dengan Knight Frank seharga £ 10 juta. Harga yang diminta kini telah berkurang menjadi £ 6,5 juta. Itu masih dijual.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *